Kamis, 18 November 2010

ILMU BUDAYA DASAR TENTANG KEBUDAYAAN

KATA PENGANTAR

Memberi kata sambutan bukan sekedar basa-basi apalagi untuk memberi nilai tambah atas isi tulisan. Dalam budaya pancasila dan tentang budaya pancasila, jangan hendaknya sekedar ucapan, tetapi harus berakar sebagai perwujudan iman. Dan akibatnya laksanakan segala sesuatu berdasarkan iman di sirami roh ke-tuhanan YME.untuk menyambut hasil karya ini diawali dengan niat "Lillahi Robbil Alamin" dan diawali pula dengan syukur "Alhamdulillah Robbil Alamin". Sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, utusan dan manusia pilihan-Nya, dialah penyampai, pengamal dan penafsir pertama al-Qur'an.
Dengan pertolongan dan hidayahnya-lah, makalah TENTANG KEBUDAYAAN ini dapat diselesaikan dan disusun berdasarkan tugas perkuliyahan, dengan harapan dapat bermanfaat bagi semua komponen Institut, khususnya dan bagi berlangsungnya perkuliahan di IAIN Sunan ampel Surabaya, sebagai bahan kuliyah dan bahan diskusi pada tatap muka perkuliyahan. Tentu saja kehadiran makalah ini sama sekali tidak dimaksudkan membelenggu minat mahasiswa untuk membaca refrensi lainnya.
Ucapan terma kasih kepada segenap pihakyang telah membantu penyusunan ini. Dan penghargaan pula kami persembahkan kepada teman-teman yang selalu memberikan, dorongan dan motifasi kepada kami. Penulis berharap agar para pembaca dapat memberi kritik dan saran yang positif untuk kesempurnaan makalah ini.
Merupakan suatu harapan pula, semoga makalah ini tercatat sebagai amal sholeh dan menjadi motifator bagi penulis untuk menyusun makalah lain yang lebih baik dan bermanfaat.Amin.



                                                                                   Penulis
Daftar isi



BAB  I   PENDAHULUAN
a. latar belakang masalah......................................................................................
b. tujuan penulisan................................................................................................
c. manfaat penulisan..............................................................................................

BAB II  PEMBAHASAN
A  cinta kasih........................................................................................................
B   keindahan........................................................................................................
C   penderitaan......................................................................................................
D   harapan............................................................................................................

BAB  III   PENUTUP
A kesimpulan…………………………………………………………………….










BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta, yaitu buddhayah, dan merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal),diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia dalam bahasa Inggris, kebudayaan di sebut culture, yang berasal dari kata latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani .kata culture kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
Kebudayaan atau culture adalah keseluruhan pemikiran dan benda yang di buat atau di ciptakan oleh manusia dalam perkembangan sejarahnya.diantara kebudayaan tersebut dapat di peroleh dari lingkungan hidup.

B.    Rumusan Masalah
1.    Cinta Kasih
2.    Keindahan
3.    Penderitaan
4.    Harapan








BAB II
PEMBAHASAN

A.  Cinta Kasih
Cinta kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang didukung oleh unsur karsa,yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang menimbulkan tanggung jawab.
Dalam cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang  dan kemesraan. Belas kasih dan pengabdian.cinta kasih yang disertai dengan tanggung jawab menciptakan keserasian,keseimbangan,dan kedamaian antara sesama manusia,dengan lingkungan antara manusia dengan tuhan.
Apabila dirumuskan secara sederhana, pembahasan kalimat diatas, dapat diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab artinya akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, dan kebahagiaan.                 Cinta adalah sebuah amalan hati yang akan yang akan terwujud dalah lahiriah, apabila cinta tersebut  diridai alloh.
Macam cinta kasih;
Cinta kasih dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu;
1. Cinta kasih antara orang tua pada anak nya.Disini dapat dilihat dari bagai mana Si orang  tua memperhatikannya dan bagai mana mereka mendidiknya. Dengan tujuan Si anak menjadi orang yang sukses dan berguna, sekalipun cara mendidiknya bersifat mendokrin, meski halitu jika sadari dari sifat mendokrinnya itu memiliki nilai positif dan nigatif yang seimbang.
2 .cinta kasih antara pria dan wanita.
Seorang  pria menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku baik , lemah lembut, sopan ,berarti ia menaruh cinta kasih terhadap gadis itu, walaw bagai manapun hal ini tidak bisa dikatakan bagi setiap orang, karna tidak semua orang laki-laki akan melakukan hal itu pada wanita yang ia  sukai, hal itu disebabkak oleh latar belakang keperibadiannya, walaupun hal ini jarang terjadi.
    3. cinta kasih antara sesama manusia
contoh ini dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari persahabatan, ber masyarakat dan berteman.
    4 . cinta kasih antar manusia dan tuhan                            Hal ini dapat dilihat apabila seseorangitu taat beribadah menuruti dan menjauhi perintah dan larangan tuhannya tidak pada saat dia butuh pada petolongan tuhannya saja.
5.    cinta kasih manusia terhadap lingkunganny.
Hal ini dapat dilihat mulai darimana kita menjaga dan merawat lingkungan kita, contohnya tidak menebang hutan sembarangan, dan tidak berburu hewan dengan semena-mena.  Hal ini juga bisa kita tunjukkan dengan bagai mana kita menghijaukan lingkungan hidup sehari-hari, dengan menanam bunga dilingkungan rumah.

B.    Keindahan
Keindahan berasal dari kata indah , artinya bagus cantik molek dansebagainya. Keindahan identik dengan kebenaran , keindahan adalah kebenaran , kebenaran adalah keindahan, keduanya memmiliki nilai yang sama, yaitu abadi dan selalu memiliki nilai yang lebih.
keindahan atau 'beauty' adalah sifat dari sesuatu yang memberi kita rasa senang .Dalam kamus besar bahasa Indonesia keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang. Berbagai definisi dan arti tentang keindahan amatlah banyak, oleh karna itu saat ini dapat ditemui berbagai pengertian tentang keindahan yang satu sama lainnya berbeda, meskipun keindahan itu secara akademis sudah dikaji amanusia, sejak abad ke delapan  belas.
Yang indah adalah yang paling banyak memberi kesenangan, yang dalam waktu yang sesingkat-singkatnya paling banyak memberikan pengalaman yang menyenangka keindahan itu ramah dan baik dan akan selalu bermakna berbeda maknanya tergantung siapa dan bagai mana orangitu mengalaminya sendiri. Manusia pada kodratnya akan selalu mencintai keindahan,sekalipun manusia itu menyukai keindahan tapi tidak mencintainya, hal ini (menyukai keindahan tapi tidak mencintai), dapat di bedakan pada saat kita menyukai sesuatu yang umum dan sesuatu yang sifatnya peribadi

C.    Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita.kata derita berasal dari bahasa sangsekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu  yang tidak menyenangkan penderitaan itu dapat berbentuk lahir atau batin, keduanya termasuk penderitaan.
Penderitaan ibaratkan robeknya kulit yang menutupi kesadaranmu, meskipun terkadang penderitaan adalah pilihan mu sendiri, yang kita pilih tanpa kita kehendaki dan tidak kita sadari.
Tujuan manusia yang populer adalah kenikmatan, sedangkan penderitaan adalah peristiwa yang selalu dihindari manusia,meskipun terkadang penderitaan itu terkadang sifatnya ada yang lama dan ada yang sebentar.Macam-macam penderitaan menurut penyebabnya adalah penderitaan fisik seperti bencana alam,penyakit, dan kematian, penderitaan karna alasan moral,seperti kekecewaan dalam hidup, karna kebencian oranglain dan sebagainya. Semua ini menyangkut menyangkut kehidupan duniawi takmungkin disingkirkan dari kehidupan manusia.diantaranya;
Dalam riwayat nabi muhammad SAW pun diceritakan bahwa beliaw dilahirkan sebagai yatim kemudian yatim piatu.Dalam riwayat hidup budha gautama  yang dipahatkan dalam bentuk relief pada dinding candi borobudur kita juga melihat adanya penderitaan,meskipun brupa relif. Jika saja kita sadari (rasakan), kita takkan pernah merasakan kebahagiaan sebelum kita melewati dan merasakan seperti apa itu penderitaan, setelah kita melewati

D. Harapan
Harapan berasal dari kata Harap. Artinya keinginan terjadi sesuatu. yang mempunyai harapan atau keinginan adalah hati. Putus harapan berarti putuspula hati manusia.Harapan untuk memperroleh perwujudan dan cita-cita ,,self actualization,,
Harapan artinya keinginan yang belum terwujud, meskipun harapan itu belum tentu terwujud, setiap orang mempunyai harapan. Menurut kodratnya, dalam diri manusia ada dorongan , yakni dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup, harapan akan tetap ada selagi manusia itu masih bisa memikirkan masa depannya, mungkin atau bahkan kebanyakan apa yang kita harapkan tidak sesuai  dengan apa yang kita inginkan padahal kita sudah melakukan dan berbuat sesuatu yang terbaik agar apa yang kita harapkan terjadi sesuai dengan apa yang kita harapkan.Dari fenomina itu seseorang akan mengecap dan menganggap tuhan itu tidak adil, padahal tanpa kita sadari Tuhan itu tidak akan memberikan apa yang kita harapkan kecuwali kita membutuhkannya (tuhan memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita harapkan).






BAB III
PENUTUP
 Kesimpulan
Dengan ini dapat kami simpulaksn sebagai berikut:
1.    Cinta Kasih
Cinta kasih merupakan kebutuhan sehari-sehari yang menjadi kebutuhan yang bersifat peribadi,oleh sebabitu orang akan tetap terus akan mencitai dan menasihi,karna hal itu sudah menjadi kodrat alam yang alami, dan diantara keduanya sudah memiliki hubungan timbal balik yang alami juga.
2.    Keindahan
Sesungguhnya keindahan menjadi kebutuhan peribadi bagi masarakat pada umumnya, karna pada umumnya orang sangatlah mencintai keindahan, karna sebab itu manusia akan melakukan apa saja tuk memperoleh keindahan itu. Meskipun tidak semua orang menyukai keindahan tapi tidak mencitainya. Contohya hal ini dapat kita lihat dari seseorang yang mencintai lawan jenisnya tapi belum tentu ia mencintainya.
3.    Penderitaan
penderitaan takkan bisa dihapuskan selagi kebahagian masih ada, dan semua orang pasti akan merasakan hal itu,sesungguhnya penderitaan dan harapan memiliki hubungan yang erat karna diantara keduanya memiliki hubungan timbal balik. Jika saja kita sadari kita takkan merasakan kebahagian sebelum kita merasakan penderitaan.
4.    Harapan
Harapan akan tetap ada selagi penderitaan. masih ada, sekalipun seseorang itu merasa tak ada harapan lagi, mungkin setiap orang akan berfikir dan akan merasakan "kenapasih  apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan"pertanyaan ini akan tetap ada dalam fikiran manusia saat apa yang mereka harakan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, sesungguhnya jika kita sadari "Tuhan tidak akan memberikan apa yang kita inginkan tapi dia akan memberikan apa yang kamu butuhkan".

Tidak ada komentar: